Filipina: Indonesia Penyelenggara SEA Games Paling Kacau Sepanjang Sejarah



Kesiapan Indonesia sebagai pihak penyelenggara ajang SEA Games XXVI tahun ini menuai ‘pujian’. Yakni dinobatkan sebagai penyelenggara paling kacau sepanjang sejarah. Well, itulah yang dikatakan oleh ofisial olahraga Filipina.
Penobatan itu bukan tanpa alasan. Selain persiapan yang sangat mepet, masih banyak masalah-masalah lain yang mengakibatkan tidak berhasilnya Indonesia sebagai penyelenggara.
Tak berlebihan jika sebelumnya beberapa media cetak dan elektronik meliput persiapan SEA Games XXVI yang sudah terasa kacau.
Berikut kekacauannya seperti dilansir Tribunnews.com:
Para pemain sepak bola dari Indonesia, Kamboja, Malaysia dan Singapura mengalami keracunan makanan. Pemain yang menginap di salah satu hotel berbintang di Jakarta itu sangat apes karena makanan yang merupakan energi penting malah menyerang mereka.
Selain diatas, masalah seperti transportasi dan penginapan juga menjadi problema tersendiri. Bayangkan saja, ribuan penonton beserta sekitar 12ribu atlet akan berbondong-bondong menuju lokasi diselenggarakannya SEA Games XXVI 2011. Belum termasuk media dan ofisial yang juga tak kalah banyaknya.
Di Jakarta sendiri, kemacetan sudah pasti terjadi di hari-hari normal. Apalagi di hari yang tidak normal begini, kemacetan menjadi momok menakutkan bagi atlet yang menginap jauh dari lokasi pertandingan. Sekolah yang diliburkan ternyata tetap tak bisa menyelesaikan masalah.
Sedangkan pada hari Rabu kemarin, sebuah laporan dari media nasional menyatakan bahwa wartawan asing sudah mulai datang sedangkan pusat layanan media Gedung BankSumsel di Jakabaring, Palembang, peralatannya masih kosong.
Tak hanya itu, hingga Rabu petang, beberapa fasilitas seperti menara, toilet pada arena perlombaan dayung di Karawang, ruang kerja media dan ruang kesehatan juga belum rampung. Dengan yakinnya Andi Mallarangeng selaku Menpora menyatakan semua akan selesai pada Kamis. Keterlambatan ini mengorbankan jadwal laga yang diundur menjadi hari Jumat.
Obor SEAG yang tiba di Palembang, disaksikan koresponden AFP dengan masih adanya ribuan pekerja yang masih berusaha menyelesaikan pengerjaan drainage (pengaliran air).
Di Kaskus, salah satu rekan pers Kaskuser yang meliput di SEA Games Jakarta, menjumpai masih adanya tarif yang dipungut saat buang air kecil. Tarif seribu rupiah per kencing di posko media ini dinilai kebangetan. Bagaimana dengan mereka yang tak punya mata uang rupiah?
Mungkin Indonesia bisa sukses mendulang medali emas, tapi kalau sebagai negara penyelenggara? Lebih baik jangan menjadi penyelenggara kalau tidak bisa, daripada memalukan nama negara sendiri. Bisa jadi Indonesia tak diijinkan untuk jadi penyelenggara lagi?
Indonesia sebagai penyelenggara SEA Games XXVI 2011 kali ini bisa disebut sebagai keajaiban dunia ke sembilan (ke delapan punya albumnya SBY). Jika negara lain sudah siap berbulan-bulan sebelum acara, Indonesia berbeda. Hari ini main, hari ini selesai. Ajaib!


Responses

0 Respones to "Filipina: Indonesia Penyelenggara SEA Games Paling Kacau Sepanjang Sejarah"

Posting Komentar

•Sangat Saya Hormati Jika Anda Meninggalkan Komentar di Blog ini

•Mohon Maaf Blog ini Tidak Terima Komentar yang Mengandung Sara , Spamming , Flamming

•Kritik Dan Saran Dari Pembaca Semoga Bisa Membantu Memajukan Blog Ini

Regards : ~Sofyan_oZ~

 

Statistic Blog's



Free Page Rank Tool
Return to top of page Copyright © 2012 Always-Sharing | Blogspot Tutorial | From Zero To Hero | Template by HackTutors