Tips Untuk Menjadi Programmer



Menjadi seorang programmer merupakan keinginan yang di idamkan oleh mahasiswa yang mengambil jurusan yang berhubungan dengan komputer misalnya Teknik Informatika, Sistem Informasi, Manajemen Informatika. Tetapi sejauh ini apakah anda mengetahui, bagaimana seseorang itu bisa menjadi seorang yang jago menulis program.
 


Mungkin di postingan ini akan di jabarkan beberapa kiat-kiat tersebut.


  1. Pada awalnya, semester pertamalah yang menjadi penentu, yaitu tonggak dari semua pemikiran dan logika tentang program itu di rancang. Disemester ini anda mau tidak mau harus menyukai matakuliah Logika & Algoritma, atau Algoritma & Pemrograman. Memang pada pertemuan 1, 2, dst, mungkin terasa aneh, bagaimana bisa gambar-gambar yang ada tertuang menjadi sebuah bahasa pemrograman. Tetapi jika anda berpikir lebih dalam, dengan mempelajari gambar tersebut (flowchart) sebenarnya kita belajar pemahaman tentang jalannya sebuah program.
  2. Kuasai logika IF (Seleksi) dan WHILE(Looping), bagian ini yang sangat terpenting dari semua materi yang ada. Karna dari 100% program, bagian ini yang paling terbanyak.
  3. Berikanlah waktu untuk bertanya, belajar di rumah, banyak membaca buku-buku apalagi buku-buku yang berhubungan dengan Pemrograman Pascal dan C, karna biasanya Algoritma & Pemrograman /Logika Algoritma di implementasikan dengan bahasa pemrograman tersebut.
  4. Jika terdapat waktu luang, ikuti instruksi ini minta izin masuk ke lab dengan dosen yang bersangkutan dengan membawa buku PASCAL/C dan ketikkan program-program latihan yang terdapat di buku tersebut serta pahami kegunaan program itu untuk apa.
  5. Berimajinasi, hal ini sangat penting misalnya jika anda mengetikkan program yang terdapat di buku, coba anda modifikasi program yang ada tersebut. Tambahkan perintah lainnya, ya Kreasi dong....
  6. Lakukan tahapan yang ke 4 di atas bila perlu, sampai 2 semester. Sampai anda mempelajari Grafik dari Pascal itu sendiri.
  7. rogramming is the first love, artinya berikanlah waktu dan pemikiran anda terhadap program yang ingin anda pelajari.
  8. Tiada waktu tanpa bahasa pemrograman.karna ada pepatah yang mengatakan LANCAR KAJI KARNA BIASO, maksudnya anda ingin menguasai pemrograman, tetapi melihat program aja 15 menit dalam 24 Jam-NONSENS. so bagaimana in Every Time anda mengetik program saja.
  9. Setelah semua tahapan di atas anda lalui, mungkin akan muncul suatu PERASAAN yang tak ENAK, yaitu : Tidak akan TENANG jika suatu program belum di pecahkan permasalahannya. nah jika anda sudah sampai ke Tahap ini, maka ikuti saja perasaan tersebut, dan selesaikanlah permasalahan mengenai program yang anda buat.
  10. Pelajarilah semua bahasa pemrograman yang ada, karna tidak ada ruginya, bagaikan seorang playboy mengencani beberapa wanita sekaligus, setelah tahu kekurangan dan kelebihan dari wanita yang di kencaninya , maka pilihlah satu dari yang ada.Jadi anda nantinya akan memilih bahasa apa yang anda Kuasai nantinya. 

okeey,, sekian dulu tutorialnya,,, ^,^
semoga bermanfaat

Sumber : http://www.stmik-budidarma.ac.id/


Responses

0 Respones to "Tips Untuk Menjadi Programmer"

Posting Komentar

•Sangat Saya Hormati Jika Anda Meninggalkan Komentar di Blog ini

•Mohon Maaf Blog ini Tidak Terima Komentar yang Mengandung Sara , Spamming , Flamming

•Kritik Dan Saran Dari Pembaca Semoga Bisa Membantu Memajukan Blog Ini

Regards : ~Sofyan_oZ~

 

Statistic Blog's



Free Page Rank Tool
Return to top of page Copyright © 2012 Always-Sharing | Blogspot Tutorial | From Zero To Hero | Template by HackTutors