Menjadi Raja Atau Bidak



Hidup adalah ibarat permainan catur, demikian para inspitor menggambarkannya. Ada yang menjadi Raja, ada yang menjadi Menteri, dan sebagian besar menjadi rakyat biasa (bidak). Rakyat biasa sebagai bidak tentu memiliki keterbatasan-keterbatasan. Namun sekian banyak rakyat biasa bisa menjadi kekuatan besar yang bisa digunakan untuk melumpuhkan lawan. Ada yang bisa merangsek naik hingga menduduki jabatan menteri, namun juga ada yang sengaja dikorbankan sebagai bagian dari strategi untuk memperdaya lawan. Semuanya bergantung kehendak pengendalinya.
Memang sangat dilematis menjadi bidak, tatkala terus dipromosikan hingga menjadi menteri, sang bidak tentu akan senang bukan kepalang. Namun tatkala sengaja dikorbankan dalam rangkaian sebuah strategi, maka sang Bidak mungkin akan menjadi murung dan hanya menjadi penonton di pinggir papan catur, apalagi jika strategi tersebut tenyata sudah terbaca lawan dan pengorbanan sang bidak menjadi sia-sia.
Namun apapun itu bentuknya, jika berkaca pada kekompakan tim, maka tidak seharusnya Sang Bidak menjadi murung tatkala sengaja dikorbankan ataupun menjadi jumawa tatkala terus dipromosikan. Semuanya harus tetap pada koridor permainan, tidak boleh ada kata frustasi yang bakal membawa petaka, tetap enjoy dengan posisi yang telah ditakdirkan, dan terus maju walau akhirnya harus dengan pengorbanan.
Sang Raja pun punya keterbatasan-keterbatasan. Sekian banyak aturan protokoler yang melekat padanya membuatnya seolah terkukung. Sekalipun ia bebas melangkah ke arah mana saja yang dia suka, namun dia hanya dizinkan untuk melangkah selangkah saja. Namun istimewanya, Sang Raja dilindungi oleh semua unsur, dia tidak pernah dikorbankan sebagaimana Sang Bidak. Bahkan kekalahan dan kemenangan tim ditentukan oleh mati dan tidaknya Sang Raja, sekalipun masih ada sekian banyak Sang Bidak yang berkeliaran.
Yang menjadi Raja tentu tidak sembarang. Dia harus memiliki “tubuh” yang paling besar dari yang lainnya. Sang Bidak boleh saja bercita-cita menjadi Menteri, tetapi jangan berharap untuk menjadi Raja. Sekalipun dia berusaha untuk memberikan jalan bagi musuh agar Raja terbunuh, dia tetap tidak bisa menjadi Raja, karena Raja musuhlah yang akan menguasainya
Sepintas, gambaran tersebut seolah-olah mewakili kehidupan kita (kata orang sih). Sekarang kita mau yang mana? Menjadi Raja atau Bidak!
After the game, The King and The Pawn go into the same box


Responses

0 Respones to "Menjadi Raja Atau Bidak"

Posting Komentar

•Sangat Saya Hormati Jika Anda Meninggalkan Komentar di Blog ini

•Mohon Maaf Blog ini Tidak Terima Komentar yang Mengandung Sara , Spamming , Flamming

•Kritik Dan Saran Dari Pembaca Semoga Bisa Membantu Memajukan Blog Ini

Regards : ~Sofyan_oZ~

 

Statistic Blog's



Free Page Rank Tool
Return to top of page Copyright © 2012 Always-Sharing | Blogspot Tutorial | From Zero To Hero | Template by HackTutors