G.3. Pembahasan Struktur Geologi Di Dalam Laporan Kajian Khusus (Skripsi) Bidang Geologi Struktur.



Skripsi merupakan tugas akhir yang wajib dilaksanakan oleh setiap mahasiswa, dengan maksud untuk menguji kemampuan mahasiswa pada bidang yang lebih khusus. Oleh karenanya materi utama yang dibahas di dalam laporan skripsi harus lebih mendalam dibandingkan dengan materi lainnya.

Berkaitan dengan masalah ini, apabila mahasiswa tertarik untuk mempelajari geologi struktur sebagai bahan skripsinya, maka pembahasan materi geologi struktur harus lebih detail dan mendalam dibandingkan dengan pembahasan struktur geologi di dalam laporan pemetaan geologi.

Berkaitan dengan masalah tersebut di atas, maka laporan skripsi dengan kajian khusus bidang geologi struktur geologi, di dalamnya harus mengerjakan :

1. Membuat peta kelurusan berdasarkan citra landsat, foto udara dan peta topografi. Hal ini perlu dilakukan sebagai dasar observasi di lapangan dan sebagai bahan analisis selanjutnya. Data kelurusan tersebut perlu ditampilkan juga dalam bentuk diagram mawar, dengan maksud untuk mengetahui arah umum jalur sesarnya.

2. Membuat peta lokasi ditemukannya gejala struktur, misalnya lokasi ditemukannya cermin sesar, lipatan seret, breksi sesar, milonit, bidang lapisan serta unsur pendukungnya berupa lokasi gawir sesar, mata air dsb.

3. Membuat tabel hasil pengukuran cermin sesar, bidang lapisan, bidang kekar dsb, di setiap lokasi pengukuran.

4. Membuat penampang struktur sesar di beberapa lintasan, dengan maksud untuk mengetahui gambaran struktur geologi secara lebih jelas lagi pada masing-masing lintasan yang akhirnya dapat memudahkan dalam menganalisis tektonik daerah penelitian secara menyeluruh. Misalnya apabila di dalam penampang struktur sesar tersebut di dominasi oleh sesar naik, maka pola struktur sesar tersebut termasuk ke dalam kelompok thrust system. Selanjutnya diidentifikasi apakah sistem sesar naik tersebut berjenis Imbricate atau Duplexes. Selanjutnya dengan penampang struktur sesar ini dapat ditentukan transport tektoniknya. Akhirnya dapat menjelaskan kedudukan masing-masing sesar naiknya, apakah sebagai Fore thrust atau back trhust, lebih detail lagi apakah sesar naik tersebut berjenis backlimb thrust atau forelimb thrust. Dengan cara ini akan lebih mudah menganalisis tektonik daerah penelitian secara lebih terpadu.

5. Menganalisis pembentukan struktur geologi berdasarkan konsep/teori yang sudah diakui (Dipublikasikan baik dari teks book maupun makalah), serta mengkaitkannya dengan lingkungan tektoniknya (Tektonik lempeng).


Responses

0 Respones to "G.3. Pembahasan Struktur Geologi Di Dalam Laporan Kajian Khusus (Skripsi) Bidang Geologi Struktur."

Posting Komentar

•Sangat Saya Hormati Jika Anda Meninggalkan Komentar di Blog ini

•Mohon Maaf Blog ini Tidak Terima Komentar yang Mengandung Sara , Spamming , Flamming

•Kritik Dan Saran Dari Pembaca Semoga Bisa Membantu Memajukan Blog Ini

Regards : ~Sofyan_oZ~

 

Statistic Blog's



Free Page Rank Tool
Return to top of page Copyright © 2012 Always-Sharing | Blogspot Tutorial | From Zero To Hero | Template by HackTutors