Proses Terbentuknya Bulan




Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang terbentuknya bulan 4.5 miliyar tahun yang lalu. Tahukah anda? Bulan terbentuk oleh benturan dua planet, yaitu bumi dan sebuah planet seukuran mars bernama theia. Teori benturan tersebut bernama teori Giant Impact. Nama Theia berasal dari dewi bangsa Yunani, yang merupakan ibu dari Selene, dewi Bulan.

Salah satu bukti yang mendukung hipotesa ini adalah contoh-contoh bebatuan yang diambil para astronot saat mengunjungi Bulan. Dari bebatuan itu, terindikasi bahwa permukaan Bulan sebelumnya berbentuk cair dan kemungkinan ia memiliki inti kecil dari besi dengan kepadatan yang lebih rendah dibanding Bumi.

Theia terbentuk bersama sama dengan planet lain di tata surya, dengan orbit yang hampir sama dengan orbit bumi. Saat berkembang, theia kemudian tumbuh melampaui batas maksimal 10 persen massa planet Bumi dan theia menjadi tidak seimbang dan akhirnya mendekati bumi dan bertabrakan.

Ketika bertabrakan, bumi selamat. Namun, theia hancur berkeping-keping. Serpihan-serpihan dari theia terlempar dan ahkirnya mengelilingi bumi. Serpihan itu sangat panas. Setelah itu, serpihan-serpihan tadi mulai berkumpul membentuk bola panas yang kemudian mendingin menjadi bulan

Cukup sekian artikel saya

Terimakasih telah mambaca !



Responses

0 Respones to "Proses Terbentuknya Bulan"

Posting Komentar

•Sangat Saya Hormati Jika Anda Meninggalkan Komentar di Blog ini

•Mohon Maaf Blog ini Tidak Terima Komentar yang Mengandung Sara , Spamming , Flamming

•Kritik Dan Saran Dari Pembaca Semoga Bisa Membantu Memajukan Blog Ini

Regards : ~Sofyan_oZ~

 

Statistic Blog's



Free Page Rank Tool
Return to top of page Copyright © 2012 Always-Sharing | Blogspot Tutorial | From Zero To Hero | Template by HackTutors